Halaman

Rabu, 29 Juni 2011

PERAKITAN mesin diesel MWM tbd440-8k-1030kw

Langkah awal setelah pengukuran bor for main bearing,crankshaft,camshaft,pin piton bus,bor of connecting rod bearing,piston,pin piston,liner,rocker arm bus,rocker shaft,valve in/ex,gap/side ring piston.langkah berikutnya....


langkah 1.pemasangan main bearing
2.pemasangan crankshaft
3.pemasangan ring piston ke piston
4.pemasangan piston ke connecting rod
5.pemasangan liner ke cylinder frame/blok mesin
6.masukan piston ke liner dan pemasangan connecting rod pin
7.pemasangan oil pump + sistim
8.pemsangan camshaft
9.gear camshaft
10.crankcace/calter
11.cylinder head + sistim
12.injection pump,nozzle + sistim
yang perlu diperhatikan pada waktu pemasangan komponen adalah clearances,torsi schedule for major bolt(kekencangan baut2) .
TORSI SCHEDULE:-main bearing cover mounting :long bolt-20Nm+4x60*(derajat)
:short bolt-20Nm+2,5x60*(derajat)
-conrod bearing cover 1st stage/2nd stage:15/36+1x60*
-cylinder head:20Nm+3,5x60*(derajat)
-flywheel:40/50Nm+1x60*(derajat)
BEARING RADIAL CLEARANCE:-main and thrush bearing:0,20-0,279mm
-connecting rod bearing :0,20-0,25 mm
-piston pin bearing :0,1-0,14 mm
-camshaft :0,072-0,161mm
-rocker arm :0,040-0,072mm
-valve stem,in/ex :0,05-0,108mm
-piston andcylinder on lower stem end:0,337-0,397mm
AXIAL CLEARANCE:-thrust bearing :0,11-0,25mm
-connecting rod bearing:0,7-0,835mm
-camshaft :0,2-0,3 mm
-rocker arm :0,1-0,3 mm
GAP CLEARANCE :-piston ring :0,9-1,15 mm
-helical spring ring:0,9-1,15mm
LONGITUDINAL PISTON RINGS IN CLEARANCE,GROOVE 1:0,11-0,142mm
                                                                                        GROOVE 2+3:0,07-0,102mm
                                                                                        GROOVE 4:0,043-0,078mm





Read More..

Bedah mesin diesel MWM tbd440-8k-1030kw

pada dasarnya mesin bensin/diesel baik kapasitas besar/kecil memakai matrial dan komponen nyaris sama.yang dimaksud bedah mesin adalah pengenalan:data teknis,data komponen/parts,data ukur,data torsi bolt,data clearances.yang berguna untuk menentukan laik masing2 komponen
sebagai contoh kita buka data mwm 440.....


DATA TEKNIS:d/td/tbd440-6.d/td/tbd440-8
bore/stroke :230/270 mm
volome/cylinder :11,2 ltr
compresi rasio :1:15/14/13
compresi pressure:40/64/78 bar
injection pressur:350 bar
lube oil BEFORE filter:max 4 bar
lube oil AFTER filter : 2,5 bar
turbocharger :BBC VTR 200

DATA UKUR:D/TD/TBD 440-6/8
CYLINDER BLOK:
- bores for main bearing :220,0 - 220,029 mm
- bores for camsaft housing :150,0 - 150,040 mm
- bores of mounting cylinder :264,0 - 264,032 mm
liner of top frame
- bores of mounting cylinder :262,0 - 262,032 mm
liner of below in frame
- cylinder liner outside top/below:263,92 -263,97 / 261,92 -261,97 mm
- cylinder liner inside :230,0 -230,04
- bores of camshaft in housing :90,0 -90,035
- camshaft bearing journal :89,874 -89,928
PISTON:
-distance from upper edge of cylinder liner:1,4 -2,5 mm
-diameter of piston lower end :229,643 -229,663 mm
-height of piston ring. grove 1:4,10 -4,12
grove 2/3:4,06 -4,08
grove 4 :8,03 -8,05
CONNECTING ROAD:
-bores for piston pin bush :115,0 -115,022 mm
-bores FOR connecting rod bearing:190,0 -190,029 mm
-bores OF connecting rod bearing :175,225 mm
PISTON PIN BEARING:
-piston pin dia :100,0 -100,01 mm
-piston pin bush - bore :100,11 -100,14 mm
-piston pin bush outside :115,054 -115,076mm
CRANKSHAFT:
-main bearing journal diameter :199,971 - 200,0 mm
-thrust bearing journal diameter :199,971 - 200,0 mm
-dia OF connecting rod pin :174,975 - 175,0 mm
-main bearing bush bore :200,20 -200,25 mm
CYLINDER HEAD:
-rocker arm shaft :44,984 - 44,985 mm
-rocker arm bush inside :45,10 -45,12 mm
-rocker arm bush outside :52,041 -52,060 mm
-rocker arm bore :52,0 - 52,019 mm
-dia of valve inlet/exhaust :77,0 - 77,2 mm
-CLEARANCE INLET/EXHAUST VALVE :0,4 mm
-valve seat ring in/ex outer dia :80,146 - 80,176 mm
-bore FOR valve seat ring in cylinder head:80,0 - 80,019 mm
BEARING CLEARANCES RADIAL:
-main and trush bearing :0,20 - 0,279 mm
-connecting rod bearing :0,20 - 0,25 mm
-piston pin bearing :0,1 - 0,14 mm
-camshaft :0,072 - 0,161 mm


Read More..

Senin, 27 Juni 2011

GOVERNOR

GOVERNOR berfungsi sebagai stabilitas putaran/kecepatan mesin,macam sistim governor terbagi:pneumatic,sentrifugal,elektrik...


PNEUMATIC digerakan oleh udara dari blower pada mesin yang memakai udara untuk pendingin mesinnya,SENTIFUGAL digerakan oleh putaran mesin yang terkait dengan trottle untuk melawan pegas jika terjadi beban kejut pada kecepatan mesin sitim ini ada yang terpasang didalam injection pump dan diluar mesin yang kecepatan putaran dikaitkan dengan camsaft,ELEKTRIK SISTIM dipakai servo motor dihubungkan denga trottle untuk melawan pegas dikendalikan oleh elektrik modulyang dipancarkan dari magnetic pickup,frekuensi pulsa dari magnetic pickup merespon speed control unit untuk mengatur servo motor.sistim ini sering digunakan untuk GENERATOR karena sangat sensitif beban kejut.




Read More..

injection pump

injection pump adalah pompa tekanan tinggi untuk distribusi bahan bakar dari injeksi PLUNGER ke NOZZLE...


INJECTION PUMP ada 3sistim:1.rotary sistim,2.inline sistim,3.line sistim.rotary digunakan mesin dibawah 5000cc,inline digunakan mesin diatas 5000cc,sedang line sistim(plunger,valve,nozzle satu line)seperti digunakan pada mesin detroid disel,cummins,sammyong.untuk sitim rotary PLUNGER/PUMP ELEMENT didalam pompa hanya ada satu sedang valve preasure tergantung jumlah cylinder mesin,sedang pompa inline dalam satu pompa jumlah PLUNGER/PUMP ELEMENT DAN VALVE PRESURE tergantung jumlah cylinder mesin




Read More..

Selasa, 21 Juni 2011

PISTON MASTER CYLINDER CLUTCH

master cylinder clutch adalah cylinder hidraulis yang terpasang pada kopling mobil modern,yang berfungsi meringankan injakan kaki si pengemudi.didalam master cylinder terpasang PISTON yang menekan minyak rem ke cylinder clutch selanjutnya menekan clutch assy.PISTON/PLUNGER pada master clutch diujungnya terdapat seal dan support yang berfungsi menutup lubang pemasukan minyak waktu pedal kopling ditekan sehingga tekanan minyak menuju cylinder clucth

Read More..

Minggu, 19 Juni 2011

PISTON CYLINDER REM

PISTON cylinder rem terdapat pada  MASTER cylinder dan wheel cylinder,piston yang ada di master gunanya menekan minyak rem ke piston yang ada di drum wheel cylinder selanjutnya piston menekan sepatu rem.pada umumnya PISTON master menggunakan sistim tandem yaitu tekanan minyak yang dihasilkan PISTON1 yang berada di belakang disamping menekan ke piston wheel cylinder roda belakang juga menekan PISTON2 master yang berada didepan dan tekanan minyak rem yang dihasilkan untuk menekan piston wheel cylinder roda depan.pada umumnya minyak rem yang dipakai ber standart DOT3 (tidak mengandung unsur air) meskipun minyak rem larut dengan air.....namanya minyak tapi tidak larut dengan MINYAK

Read More..

PISTON POWER STEERING

PISTON power steering fungsi kerja hanya sebagai pembagi tekanan oil dua arah yaitu kekanan/kekiri,karena power steering bekerja pada 2 sistim yaitu hidraulis dan mekanik.power steering biasa terpasang pada alat2 berat seperti FORKLIFTyti,TRACTOR,LOADER dll.tapi sejalan tuntutan modernisasi power steering dipakai untuk mobil modern seperti truck,mobil sedan,bahkan mobil kecil

Read More..

Sabtu, 18 Juni 2011

PISTON GEARBOX MATIC

piston gearbox matic lokasi/posisi ada didalam DRUM CLUTCH,sistim kerjanya piston didorong tekanan oil dari pompa oil yang ada didalam gearbox melalui control valve D/R(maju/mundur).sehingg terjadi perapatan clutch plate dan clutch disch

Read More..

Jumat, 17 Juni 2011

PISTON PUMP

PUMP(pompa)PISTON water&oil high pressure untuk..


pompa air piston(water jet)dipakai untuk penyemprotan petisida tanaman,pencucian mobil (max press 35bar).pompa oil piston digunakan untuk menggerakan motor oil mobil crane/derek,mobil beton molen,hydraulis(max press>200bar)

Read More..

PISTON MESIN

PISTON terbuat dari almunium campuran(almunium alloy)tahan gesek,tahan panas sampai temperatur tertentu,bentuk fisik..


mesin bensin/diesel perbedaan ada dikepala piston,untuk mesin 2stroke hanya ada ring compresi sedang 4stroke ada tambahan ring oli skrap gunanya untuk pelumasan badan piston,dan fisik piston oval(tidak bulat 100%),kalau diukur dengan mikro meter bagian yang sejajar dengan PIN PISTON lebih mengecil gunanya supaya pada waktu memuai karena panas, piston tidak macet/lengket ke dinding cylinder dan supaya ada celah untuk pelumasan antara dinding cylinder>< piston

Read More..

Kamis, 16 Juni 2011

PISTON COMPRESSOR

COMPRESSOR terbagi 2jenis:1.compressor refrigerant 2.compressor udara(air compressor),compressor udara terbagi 3jenis:


1.LOW PRESSURE(press max15 bar)2.MEDIUM PRESSURE(piston 2stage press max 40 bar,piston 3stage press max 70 bar)3.HIGH PRESSURE(piston 4stage press max 300 bar)

Read More..

Selasa, 14 Juni 2011

Bagian-bagian Mesin

bagian-bagian mesin:


Silinder
terdapat pada blok mesin. Blok mesin biasanya terbuat dari besi cor kelabu. Karena besi cor kelabu memiliki daya tahan aus yang cukup baik selain itu harganya cukup murah. Sebagai perbandingan: harga besi cor kelabu di Indonesia ± Rp 5000,00 /kg, sedangkan besi cor nodular ± 7500,00/kg-nya. Saluran air pendingin (water jacket) tercetak didalam blok mesin dan mengelilingi setiap silinder. Beberapa jenis mesin menggunakan cylinder liner yang di masukkan (pressed) ke dalam blok mesin, sehingga apabila aus dapat diganti. Sistem ini biasa disebut sistem wet liners (apabila dinding luar cylinder liner bersentuhan langsung dengan air pendingin) dan dry liners (apabila dinding luar cylinder liners tidak bersentuhan langsung dengan air pendingin). Paduan aluminium saat ini makin banyak digunakan sebagai bahan blok mesin, terutama untuk mesin-mesin yang berukuran kecil, dengan tujuan untuk mengurangi berat, sehingga akan diperoleh power to weight ratio yang baik.

Crankshaft
(kruk as/poros engkol) biasanya terbuat dari steel forging (baja yang ditempa). Besi cor nodular juga dapat dipakai sebagai bahan crankshaft pada mesin-mesin tugas ringan. Crankshaft dipasang pada blok mesin dan disangga oleh main bearing. Jumlah main bearing maksimum adalah jumlah silinder + 1. Crankshaft memiliki poros-poros eksentrik, yang biasa disebut crank throw. Connecting rod (batang penghubung/stang seher) dipasang pada setiap crank throw. Pada setiap main bearing dan crankthrow dipasang journal bearing (metal) yang terbuat dari bronze, babbit, atau aluminium. Crankcase (ruangan crankshaft) tertutup rapat pada bagian bawahnya oleh oil pan (karter) yang biasa terbuat dari aluminum cor atau plat baja yang dipress. Oil pan berfungsi sebagai penampung oli untuk sistem pelumasan.

Piston
(torak) terbuat dari paduan aluminium, sedangkan pada mesin-mesin besar berkecepatan rendah biasanya terbuat dari besi cor. Piston berfungsi sebagai penyekat silinder sekaligus mentransmisikan tekanan gas hasil pembakaran ke crank throw dengan perantaraan connecting rod. Connecting rod biasanya terbuat dari baja atau material paduan lainnya (aluminium, titanium, dll). Connecting rod terpasang pada piston dengan perantaraan piston pin yang terbuat dari baja. Piston pin biasanya berlubang untuk mengurangi beratnya. Piston biasanya dilengkapi dengan ring piston yang berfungsi sebagai penyekat gas hasil pembakaran agar tidak bocor ke dalam crankcase sekaligus juga berfungsi sebagai pengatur aliran oli untuk melumasi dinding silinder.

Cylinder head
(kepala silinder) berfungsi untuk menutup silinder, dan terbuat dari paduan aluminium atau besi cor. Cylinder head harus kuat dan kaku sehingga gaya-gaya dari gas hasil pembakaran yang beraksi ke cylinder head dapat didistribusikan secara merata ke blok mesin. Komponen-komponen cylinder head terdiri dari busi (untuk motor bensin) atau fuel injector (untuk motor diesel) dan komponen-komponen mekanisme katup.

Katup
(valve) biasanya terbuat dari baja paduan yang ditempa (forged alloy steel) atau keramik (hasil pengembangan/penelitian insinyur-insinyur di mercedes benz). Pendinginan katup buang yang beroperasi pada temperatur sekitar 700° C dapat dicapai dengan mengisikan sodium pada lubang stem katup. Dengan proses evaporasi dan kondensasi sodium dapat menghantarkan panas dari kepala katup yang panas ke daerah stem katup yang lebih dingin. Stem katup bergerak naik turun di dalam valve guide (bushing katup). Sebuah pegas katup dipasang pada setiap valve stem dengan menggunakan spring washer dan split keeper, yang berfungsi menahan katup agar tetap tertutup.

Camshaft
(noken as/poros bubungan) terbuat dari besi cor atau baja tempa dan setiap cam berfungsi untuk membuka atau menutup katup. Permukaan cam biasanya dikeraskan agar ketahanan aus-nya meningkat. Untuk motor 4 langkah, kecepatan putar camshaft adalah setengah dari kecepatan putar crankshaft.




Read More..

Mesin

Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau membantu pelaksanaan tugas manusia. Biasanya membutuhkan sebuah masukan sebagai pelatuk, mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah disetel. Mesin dalam bahasa Indonesia sering pula disebut dengan sebutan pesawat, contoh pesawat telepon untuk tejemahan bahasa Inggris telephone machine. Namun belakangan kata pesawat cenderung mengarah ke kapal terbang.


Mesin telah mengembangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya catatan tertulis. Perbedaan utama dari alat sederhana dan mekanisme atau pesawat sederhana adalah sumber tenaga dan mungkin pengoperasian yang bebas. Istilah mesin biasanya menunjuk ke bagian yang bekerja bersama untuk melakukan kerja. Biasanya alat-alat ini mengurangi intensitas gaya yang dilakukan, mengubah arah gaya, atau mengubah suatu bentuk gerak atau energi ke bentuk lainnya.

ada 2 jenis mesin dengan pembakaran. Yaitu mesin pembakaran dalam dan mesin pembakaran luar. Mesin pembakaran dalam terdiri dari Mesin Bensin dan Mesin Diesel. Sedangkan mesin pembakaran luar terdiri dari Mesin Uap dan Mesin Stirling.

Read More..

Mesin Stirling

Dalam keluarga mesin kalor, Mesin Stirling didefinisikan sebagai mesin regenerasi udara panas siklus tertutup. Dalam konteks ini, siklus tertutup berarti bahwa fluida kerjanya secara permanen terkurung di dalam sistem, di mana mesin siklus terbuka seperti mesin pembakaran internal dan beberapa mesin uap, menukarkan fluida kerjanya dengan lingkungan sekitar sebagai bagiaan dari siklus kerja. Regenerasi berarti bahwa adanya penggunaan alat penukar panas internal, yang dapat meningkatkan efisiensi mesin. Banyak sekali kemungkinan dari penggunaan mesin stirling ini, dengan mayoritas masuk ke kategori mesin dengan piston tolak balik. Mesin stirling secara tradisional diklasifikasikan ke dalam mesin pembakaran eksternal, meskipun panas bisa didapatkan dari sumber selain pembakaran seperti tenaga matahari maupun nuklir. Mesin stirling beroperasi melalui penggunaan sumber panas eksternal dan heat sink eksternal, masing-masing dijaga agar memiliki perbedaan temperatur yang cukup besar.





Dalam usaha meningkatkan konversi yang bisa didapat dari perubahan energi panas ke kerja, mesin stirling memiliki potensi untuk mencapai efisiensi tertinggi dari semua mesin kalor, secara teori sampai efisiensi maksimal mesin Carnot, meskipun dalam prakteknya usaha ini terus dibatasi oleh berbagai sifat-sifat non-ideal dari baik itu fluida kerjanya maupun bahan dari mesin itu sendiri, seperti gesekan, konduktivitas termal, kekuatan tensile, creep, titik lebur, dll. Mesin ini dapat dioperasikan melalui berbagai sumber panas yang dapat mencukupi, seperti tenaga matahari, kimia maupun nuklir.
Dibandingkan dengan mesin pembakaran internal, mesin Stirling memiliki potensi untuk lebih efisien, lebih tenang, dan lebih mudah perawatannya.
Belakangan ini, keuntungan mesin Stirling terus meningkat, hal ini dimungkinkan dengan adanya kenaikan harga energi, kelangkaan sumber energi, sampai kepedulian tentang masalah lingkungan seperti pemanasan global. Ketertarikan yang meningkat terhadap mesin Stirling ini berakibat dengan terus bertambahnya penelitian mengenai peralatan Stirling tersebut. Aplikasinya termasuk pemompaan air, astronautik, dan sebagai pembangkit listrik untuk sumber-sumber panas yang tidak sesuai dengan mesin pembakaran dalam seperti energi matahari.
Karakteristik mesin Stirling yang berguna lainnya adalah jika yang disuplai energi mekanik maka ia dapat beroperasi sebagai heat pump.

Read More..

Mesin Uap

Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting dalam Revolusi Industri.



Read More..

Mesin Diesel

Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).
Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.



Bagaimana mesin diesel bekerja

Ketika udara dikompresi suhunya akan meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles), mesin diesel menggunakan sifat ini untuk proses pembakaran. Udara disedot ke dalam ruang bakar mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin bensin. Beberapa saat sebelum piston pada posisi Titik Mati Atas (TMA) atau BTDC (Before Top Dead Center), bahan bakar diesel disuntikkan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi melalui nozzle supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat. Penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston mendekati (sangat dekat) TMA untuk menghindari detonasi. Penyemprotan bahan bakar yang langsung ke ruang bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung (direct injection) sedangkan penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan ruang bakar utama dimana piston berada dinamakan injeksi tidak langsung (indirect injection).
Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran mengembang dengan cepat, mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga linear. Batang penghubung (connecting rod) menyalurkan gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi tenaga putar. Tenaga putar pada ujung poros crankshaft dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.
Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel, umumnya ditambahkan komponen :
Turbocharger atau supercharger untuk memperbanyak volume udara yang masuk ruang bakar karena udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger.
Intercooler untuk mendinginkan udara yang akan masuk ruang bakar. Udara yang panas volumenya akan mengembang begitu juga sebaliknya, maka dengan didinginkan bertujuan supaya udara yang menempati ruang bakar bisa lebih banyak.
Mesin diesel sulit untuk hidup pada saat mesin dalam kondisi dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala (spark/glow plug) di dalam silinder untuk memanaskan ruang bakar sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.
Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat memengaruhi sistem bahan bakar dari tanki sampai nozzle, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.
Untuk aplikasi generator listrik, komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang mengontrol suplai bahan bakar agar putaran mesin selalu para putaran yang diinginkan. Apabila putaran mesin turun terlalu banyak kualitas listrik yang dikeluarkan akan menurun sehingga peralatan listrik tidak dapat berkerja sebagaimana mestinya, sedangkan apabila putaran mesin terlalu tinggi maka bisa mengakibatkan over voltage yang bisa merusak peralatan listrik. Mesin diesel modern menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai tujuan ini melalui modul kontrol elektronik (ECM) atau unit kontrol elektronik (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima sinyal kecepatan mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.

Ada dua kelas mesin diesel: dua-stroke dan empat-stroke. banyak mesin diesel besar bertipe mesin dua tak. Mesin yang lebih kecil biasanya menggunakan tipe mesin empat tak.
Biasanya jumlah silinder dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama poros engkol dapat diseimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan straight-4 juga banyak diproduksi.
Mesin disel bekerja dengan kompresi udara yang cukup tinggi, sehingga pada mesin disel besar perlu ditambahkan sejumlah udara yang lebih banyak. Maka dugunakan Supercharger atau turbocharger pada intake manifold, dengan tujuan memenuhi kebutuhan udara kompresi

Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala

Untuk keluaran tenaga yang sama, ukuran mesin diesel lebih besar daripada mesin bensin karena konstruksi besar diperlukan supaya dapat bertahan dalam tekanan tinggi untuk pembakaran atau penyalaan. Dengan konstruksi yang besar tersebut penggemar modifikasi relatif mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dengan penambahan turbocharger tanpa terlalu memikirkan ketahanan komponen terhadap takanan yang tinggi. Mesin bensin perlu perhitungan yang lebih cermat untuk modifikasi peningkatan tenaga karena pada umumnya komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin bertujuan meningkatkan jumlah udara yang masuk dalam ruang bakar dengan demikian pada saat kompresi akan menghasilkan tekanan yang tinggi dan pada saat penyalaan atau pembakaran akan menghasilkan tenaga yang besar. Penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin diesel tidak berpengaruh besar terhadap pemakaian bahan bakar karena bahan bakar disuntikan secara langsung ke ruang bakar pada saat ruang bakar dalam keadaan kompresi tertinggi untuk memicu penyalaan agar terjadi proses pembakaran. Sedangkan penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin bensin sangat memengaruhi pemakaian bahan bakar karena udara dan bahan bakar dicampur dengan komposisi yang tepat sebelum masuk ruang bakar, baik untuk mesin bensin dengan sistem karburator maupun sistem injeksi.

Read More..

Mesin Bensin

Mesin bensin atau mesin Otto dari Nikolaus Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran, dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis.


Mesin bensin berbeda dengan mesin diesel dalam metode pencampuran bahan bakar dengan udara, dan mesin bensin selalu menggunakan penyalaan busi untuk proses pembakaran.
Pada mesin diesel, hanya udara yang dikompresikan dalam ruang bakar dan dengan sendirinya udara tersebut terpanaskan, bahan bakar disuntikan ke dalam ruang bakar di akhir langkah kompresi untuk bercampur dengan udara yang sangat panas, pada saat kombinasi antara jumlah udara, jumlah bahan bakar, dan temperatur dalam kondisi tepat maka campuran udara dan bakar tersebut akan terbakar dengan sendirinya.
Pada mesin bensin, pada umumnya udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk ke ruang bakar, sebagian kecil mesin bensin modern mengaplikasikan injeksi bahan bakar langsung ke silinder ruang bakar termasuk mesin bensin 2 tak untuk mendapatkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Pencampuran udara dan bahan bakar dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi, keduanya mengalami perkembangan dari sistem manual sampai dengan penambahan sensor-sensor elektronik. Sistem Injeksi Bahan bakar di motor otto terjadi diluar silinder, tujuannya untuk mencampur udara dengan bahan bakar seproporsional mungkin. Hal ini dsebut EFI

Read More..

PISTON

PISTON adalah sumbat geser yang terpasang didalam liner berfungsi sebagai sumber TENAGA. makin besar diameter PISTON makin besar tenaga yang dihasilkan

Read More..